Bagaimana Sejarah Chant Mix “Tiger, Fire…” Tercipta? Ternyata Juga Memiliki Arti Loh!

Chant mix atau biasa disebut sebagai MIX saja adalah hal yang biasa dalam suatu konser grup idol. Teriakkan dari para penggemar seakan membakar semangat para idol yang tengah tampil di atas panggung. Tentunya, chant mixTiger Fire Cyber Fiber Diver Viber Jya-Jya” sudah tak asing lagi di telinga para penggemar idol di belahan dunia mana pun itu. Namun, bagaimana kata-kata tersebut bisa tercipta dan siapa penciptanya?

Dilansir dari blog Hatena Diary ini yang dipublikasikan pada 3 Maret 2005, MIX dibuat oleh sekumpulan pria berjumlah 5 orang yang disebut sebagai “EVEL”. Dua orang diantaranya yang berjuluk “Kurofuku” dan “Zenkyo” diduga adalah ujung tombak dari kumpulan tersebut. Kumpulan kata tersebut diciptakan secara tidak sengaja saat mereka tengah beraktivitas.

Pada 20 Juni 1992, Kurofuku dan Zenkyo tengah berada di Tiger Road, Atsuta, Nagoya, keduanya berteriak “Tiger Fire“. Dua tahun kemudian, tepatnya pada 28 Desember 1994, mereka mulai meneruskan dua kata tersebut menjadi versi lengkap. Akhirnya tanggal 28 Desember kini ditetapkan sebagai “Hari Lahir MIX“.

Ternyata, MIX versi bahasa Jepang memiliki arti tersembunyi di balik serangkaian kalimat yang sepertinya disusun dari bahasa klasik Jepang. “Tora no Gotoku, Hi no Gotoku, Hito no Tsukurazaru, Sensai na Kokoro mo Ishin to Nareba, Umo o Nomi Onna o Kurafu, Sono Shindou o Kokoro no Aru ga Mama ni Keshinshi, Honrai Sensai na Kokoro o Tobashi Setsuna ni Omofu ga Mama Nozokisaru, Kore Onore ni Chuujitsu, Setsuna na Kiza no Nagare ni Mi o Makaserunomi, Korekoso Takamari no Shinzui Nari“. Kemudian kalimat tersebut disingkat menjadi “Tora, Hi, Jinzou, Sen’i, Ama, Shindou, Kasen Tobi Jyokyo” seperti yang dikenal saat ini.

Kalimat tersebut kira-kira memiliki arti “Seperti harimau dan api, Hati lembut yang tak bisa dibuat manusia, Jika telah berubah mereka akan meminum air dan memakan perempuan. Menjelma menjadi getaran di hati. Hati yang awalnya lembut akan terabaikan dan menghilang dari ingatan sesaat. Inilah yang diyakini, Goresan sesaat ini biarlah menghilang dengan sendirinya. Karenanya hati akan menjadi kuat“.

Melody

Awalnya, MIX tersebut hanya dipakai di konser-konser musik rock atau metal. Dan diduga mulai dipakai di konser idol pada tahun 1995 saat grup bernama Melody tampil di atas panggung.

Ada pula MIX yang diteriakkan oleh beberapa orang saat grup idol legendaris Z-1 menyanyikan lagu “you your you” di atas panggung. Meskipun apa yang diteriakkan saat itu tak terlalu terdengar jelas, bahkan ada perumpamaan bahwa kita harus mendengar apa yang mereka teriakkan setidaknya 1000 kali untuk bisa mengerti.

Z-1

Setelah Melody bubar, para anggota EVEL pun mulai jarang datang ke konser idol. Mereka mewariskan MIX yang mereka buat ke generasi selanjutnya yang dipanggil “Enchou” dan “Master Amameru”. Enchou pun mulai menyebarkan MIX tersebut ke konser grup idol ZONE bersama beberapa penggemarnya. Setelahnya ia bersama 4 rekan barunya kembali menyebar luaskan MIX di konser ZONE, Bon-Bon Blanco, dan SUNFLOWER.

MIX tersebut baru mulai dipakai di teater AKB48 setelah seorang otaku papan atas “Baka Shisho” memperkenalkan MIX tersebut ke para penggemar AKB48. Dan akhirnya berbagai macam MIX pun hadir seiring bertambahnya angka otaku di Jepang dan beragamnya konsep grup idol seperti saat ini.

Di akhir, mereka mengingatkan bahwa cerita yang menyebut bahwa MIX tersebut dibuat oleh penggemar Hello! Project, AKB48, ataupun Seiyuu adalah tidak benar. Sampai saat ini, identitas resmi siapa sosok kelima anggota EVEL tersebut belum diketahui.